Consultation

Donny A. Wiguna CFP, QWP, AEPP, QFE adalah QUALIFIED FINANCIAL EDUCATOR, dari FPSB sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi yang diakui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Melayani konsultasi dan bantuan penjelasan serta pelatihan Asuransi, Investasi, Dana Pensiun, dan Estate Planning. Berpengalaman mengajar dalam keuangan sejak 2007.

Hubungi Donny A. Wiguna dengan SMS atau Whatsapp di 0818-222-634
Area Bandung dan Jakarta serta sekitarnya.

Pencarian

Thursday, March 9, 2017

Investasi Bodong

SEORANG KENALAN SAYA YANG PENSIUNAN pernah menaruh seluruh dananya dalam sebuah penawaran investasi yang sangat menarik, memberi harapan indah. Setahun pertama, semuanya baik. Tetapi kemudian, pengelola investasi tersebut kabur bersama seluruh dana milik orang banyak. Trilyunan Rupiah lenyap, dan hilang pulalah segala harapan, buyar semua angan-angan. Tak ada lagi masa pensiun yang bebas finansial.

Teman saya kehilangan semua uangnya.

Semua investasi memang mempunyai risiko, tetapi pada investasi bodong ada risiko kejahatan, atau Crime Risk yang sukar diprediksi. Tentunya semua bentuk investasi pertama kali ditawarkan sebagai alternatif yang bagus dan menjanjikan serta aman. Mana ada yang memulai penawarannya dengan bilang, "ini nanti bakal menghilang, jadi buru-burulah ambil duit selagi masih baru." ...eh, ternyata ada yang mengatakan begitu di antara para 'pemain' judi investasi, dan mereka benar-benar menaruh uang di sana sambil mengajak banyak temannya untuk melakukan hal yang sama...

Sebelum membahas tentang investasi bodong atau investasi bohong, mari kita perjelas dulu sesuatu. SEMUA investasi mempunyai risiko mendatangkan kerugian, tapi bukan berarti semua investasi itu bohong. Ada empat kemungkinan yang bisa terjadi pada suatu investasi yang merugi sampai bisa hilang semua.

Yang pertama, investasi dijalankan dengan hati-hati, sesuai dengan rencana, dan di atas kertas seharusnya akan dapat memberikan hasil yang baik. Tetapi terjadi sesuatu dalam ekonomi negara atau ekonomi regional, sehingga menjungkirbalikkan semua asumsi. Itu adalah kerugian dalam berinvestasi, dan tidak ada yang tahu akan terjadinya demikian. Bukan investasi bodong.

Yang kedua, investasi memang dijalankan pada pasar yang sangat berisiko, seperti pasar berjangka forex dengan tingkat leveraging yang tinggi, 100 kali lipat. Kenaikan sebesar USD $0,5 mendatangkan keuntungan atau kerugian sebesar USD $50. Ini adalah hal yang biasa, namun mungkin tenaga penjual broker berjangka tidak menjelaskan risiko ini dengan sejelas-jelasnya. Atau mungkin sudah dijelaskan, namun tidak dipahami nasabah. Yang terjadi, nasabah menandatangani formulir tanpa mempelajari isinya yang dibacakan oleh petugas legal perusahaan broker, serta dengan yakin mengatakan "ya saya mengerti" karena sudah membayangkan akan untung besar. Ternyata, rugi besar dan habislah semua dananya kena margin call.... Ini juga bukan investasi bodong.

Yang ketiga, investasi dijalankan dengan niat baik, namun terjadi kesalahan dalam manajemen. Terjadi mismanagement, karena ekspansi perusahaan investasi yang terlalu berlebihan. Atau, mungkin juga ada karyawan yang berniat buruk dan melakukan penyimpangan dalam kegiatannya untuk memperkaya diri, di luar pengetahuan pimpinan Perusahaan. Akibatnya, kesalahan menggulung seperti bola salju dan pada suatu hari tidak ada lagi dana untuk dibayarkan kepada para investor. Setelah terjadi kegagalan, perusahaan mungkin akan mengajukan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) ke Pengadilan Niaga, untuk membuat kesepakatan damai dengan para investor. Dimohon waktu untuk terus berusaha dan mengembalikan hutang yang ada, karena niat baik masih dipegang. Mungkin uang bisa dikembalikan, mungkin juga tidak -- karena siapa yang bisa menentukan hasil kinerja perusahaan di masa yang akan datang?

Yang sudah masuk ke Pengadilan Niaga dan membuat PKPU, bukanlah investasi bodong walau juga bikin Investor marah-marah.

Yang keempat, investasi dijalankan dengan rancangan semula memang untuk mengeruk uang dari masyarakat, sehingga nanti bisa dibawa lari. Di awal dibuat program pemasaran yang sangat menarik dan memanfaatkan kesukaan (baca: keserakahan) orang untuk mendapat keuntungan. Pemasaran yang dilakukan adalah dengan cara berjenjang, alias Multi Level Marketing. Isinya penuh dengan pesan "keamanan" seperti:

- Di dukung oleh perusahaan besar atau oleh tokoh ternama
- Mempunyai periode investasi pendek untuk memberikan imbal hasil investasi (mingguan, bulanan)
- Memberikan imbal hasil investasi yang pasti dan besar, bisa 5% per MINGGU. Sangat wow.
- Ada kesaksian-kesaksian dari orang-orang yang telah bergabung

Metode jaringan pemasaran seringkali memakai sistem biner atau dua kaki, dengan komisi diberikan dari turunan yang sangat dalam. Ada pertemuan rutin dalam banyak grup yang bersemangat memperoleh hasil, dan saat ini juga didukung oleh sistem e-commerce dan dompet elektronik yang diakses via situs web.

Banyak yang memakai promosi atau penawaran 'bisnis' yang dilakukan adalah segala macam pengembangan bisnis internet dan 'dot.com' berteknologi tinggi yang dikatakan bisa memberikan imbal hasil fantastis, yang hanya diketahui atau dipahami segelintir orang saja, dan belum ada regulasinya karena benar-benar baru. Semuanya terdengar canggih dan pada umumnya minim penjelasan detil. Kalaupun ada, penjelasan sangat sederhana dan sepertinya biasa saja, hanya memakai istilah yang baru. Pokoknya peserta ikut percaya sajalah.

Di balik miskinnya penjelasan, memang tidak banyak yang bisa dikatakan dalam kebohongan. Terlalu banyak penjelasan berarti risiko besar kebohongan terungkap, bisa-bisa dilaporkan ke OJK dan ke polisi sebelum sempat mengumpulkan banyak uang untuk di bawa kabur. Jika diperhatikan, banyak yang menggagas investasi bodong ini adalah warga negara asing. Mereka datang dengan penampilan perlente dan sangat meyakinkan, percaya diri, agak sombong dan tidak boleh dibantah. Tentunya, semua itu hanya akting, mereka bermain sandiwara dengan baik.

Apa yang terjadi di belakang layar?

Pada prinsipnya, yang dilakukan adalah menaruh sejumlah modal, untuk dibagikan kepada peserta awal. Semua orang yang pertama kali ikut akan mendapatkan "imbal hasil" sebesar yang dijanjikan dan menyebabkan kegemparan karena besarnya. Maka muncullah peserta-peserta berikutnya, sehingga uang yang masuk bisa dipakai untuk membayar investor yang lebih dahulu. Suatu skema dibuat untuk mempertahankan modal awal investasi tetap tersimpan. Orang-orang yang masuk hanya diberi bunga saja, lalu jika periode investasinya habis mereka ditawari perpanjangan dengan tingkat bunga yang lebih tinggi.

Berita tentang 'investasi' ini tersebar dengan cepat, dan peserta baru bertambah melalui situs web dan sekarang juga lewat aplikasi Android dan iOS. Mereka menaruh dana untuk menikmati bunga yang besar, sementara pokok modal terus terkumpul hingga mencapai triliunan.... dan tiba-tiba semua pengurus inti menghilang. Orang-orang asing itu tidak ada lagi. Yang tersisa hanyalah para leader lapangan yang turut kehilangan banyak uang, dan harus berurusan dengan polisi atas laporan dari investor marah yang mereka ajak masuk.

Investasi bodong ini merupakan bentuk yang lebih mutakhir dari skema Ponzi, dari nama Charles Ponzi yang berjualan perangko dengan 'keuntungan fantastis' yang menggiurkan, mengajak orang yang satu masuk dan dibayar oleh orang lain yang masuk belakangan, dan seterusnya. Bedanya, pada Ponzi tidak ada skema canggih untuk menahan dana pokok investasi.

Prinsip kerjanya masih sama: kekayaan orang yang pertama diberikan oleh kumpulan uang dari banyak orang yang masuk belakangan, sementara produk asli atau investasi asli tidak besar serta tidak memberikan imbal hasil seperti yang dibayangkan. Alhasil, bisa dibuat kesan keberhasilan investasi yang mengagumkan, yang di dunia dikenal dengan istilah High Yield Investment Product (HYIP)

Dengan pertumbuhan ekonomi dunia rendah, sebenarnya tidak sukar untuk memperkirakan imbal hasil investasi. Indonesia mempunyai pertumbuhan ekonomi 5% per tahun, suku bunga repo Bank Indonesia berkisar di 4,75% per tahun, semua ini dimungkinkan dengan inflasi sekitar 3% saja. Tingkat kredit berkisar 11% per tahun, besar obligasi berkisar 8% per tahun, dan besar imbal hasil saham bervariasi.

Soal saham, ada dua sumber yaitu keuntungan dividen sesuai kinerja perusahaan dan keuntungan capital dari kenaikan harga saham. Ada saham yang harganya meningkat dengan pesat dalam satu periode tertentu, tapi tidak ada yang terus menerus naik. Jika dirata-rata, imbal hasil saham dalam lima tahun terakhir ini belasan persen per tahun, dengan tingkat perubahan turun naik yang besar. Jika dikelola jual-beli dengan baik, bisa mendapat capital gain hingga 40% per tahun -- itu dengan risiko juga kehilangan 40%-60% modal.

Taruhlah saham tertentu bisa memberikan imbal hasil rata-rata 18% per tahun, itu berarti rata-rata 1,5% per bulan.... ini perhitungan yang amat disederhanakan, karena kenyataannya perubahan nilai investasi sangat dinamis, tidak linear. Peningkatan 1,5% per bulan saat ini sudah bagus. Bagaimana orang berharap pasti mendapat 5% per bulan?

Ada program yang mengikuti produk keuangan seperti asuransi unit link yang dibuat berjejaring, tetapi perhatikanlah bahwa 'keuntungan' yang diperoleh sebagian besar berasal dari aktivitas menjual dan berjejaring untuk memperbesar basis pembeli yang jadi penjual. Dalam iklannya dikatakan bahwa ini adalah program menabung -- padahal sama sekali bukan -- di asuransi unit link yang didukung grup perusahaan besar, dengan memberikan imbal hasil pasti lebih besar daripada yang diberi oleh bank. Imbal hasil itu MUNGKIN besar, tetapi TIDAK DIJAMIN dan dalam prakteknya memberi imbal hasil jauh dari yang dipromosikan!

Jika bicara tentang asuransi unit link, ingatlah bahwa:
- Hasil investasi tidak dijamin
- Nama besar grup perusahaan tidak menjamin hasil
- Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja yang akan datang
- Jika keuntungan diperoleh dari jaringan, maka ada biaya akusisi besar untuk pemasaran
- Jika biaya akuisisi besar, maka dana yang diinvestasikan jadi kecil sekali di tahun pertama
- Jika dana yang diinvestasikan kecil, maka kemungkinan manfaat Asuransi juga kecil
- Keuntungan diperoleh HANYA jika network marketing terus dijalankan dan terus membesar
- Apa yang diperoleh bagian besarnya bukan dari asuransi atau investasi, melainkan dari jaringan
- Padahal, tidak ada manfaat spesifik apapun yang diberikan kepada jaringan, selain "peluang bisnis" yang membuat cara pemasaran seperti ini juga merupakan suatu kebohongan juga.

Perusahaan memang resmi, tetapi produk asuransi jiwa juga bisa dibuat sebagai objek dari skema piramida Ponzi, di mana yang diperoleh sebagian besarnya berasal dari bergabungnya orang-orang lain di bawah dirinya.

Catatan penting: dengan keluarnya POJK tentang tata kelola perusahaan asuransi, cara pemasaran demikian tidak lagi boleh dijalankan karena tidak sesuai dan melanggar UU Tentang Perasuransian. Kalau masih menemukan program network marketing yang money game dijalankan, silakan melapor ke OJK....

Investasilah di tempat berinvestasi yang benar dan resmi dan aman. Kalau mau investasi di Asuransi Unit Link, pilihlah produk yang memang dikhususkan untuk berorientasi investasi dan mempunyai manajemen risiko yang baik dari Agen dan Perusahaan Asuransi yang melayani Anda....

9 comments:

  1. investasi memang mempunyai risiko, tetapi pada investasi bodong ada risiko kejahatan, atau Crime Risk yang sukar diprediksi.

    http://www.sateayam.net/

    ReplyDelete
  2. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: 1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    ReplyDelete
  3. nama saya Alberth Eduard Sanady, saya berusia 47 tahun dan saya tinggal di Jl. Sorido Raya. km.12 No. 14. Kota Biak Provinsi Papua. Indonesia. Saya kehilangan 87 juta Rupiah kepada peminjam palsu hanya kerana saya memohon pinjaman 1 bilion Rupiah untuk melabur dalam perniagaan resort saya di Bali.
    Baru-baru ini saya sedang membaca artikel berita di blog tentang mengenai mengenai pandemik coronavirus dan bagaimana ia telah mempengaruhi setiap sektor ekonomi.
    Di blog saya, saya melihat kisah ibu yanti Ari dengan alamat, nombor telefon dan juga nombor Whatsapp pada bahagian komen tentang bagaimana dia meminjam dengan jayanya dari ibu ANA MICHAEL JAMINAN JAMINAN JAMINAN dan di bawah adalah maklumatnya

    ibu Yanti Ari dengan nombor telefonnya: +62 821-1644-0184 dan nombor Whatsapp nya: +62 821-1644-0184. dia tinggal di Kota Medan. e-melnya: ariy62612@gmail.com dan ini adalah butiran syarikat yang dia katakan bahawa dia dihubungi.
    PINJAMAN JAMINAN JAMINAN dan e-mel hubungan syarikat :: anamichaelguarantytrustloans@gmail.com

    Daripada rasa ingin tahu, saya memutuskan untuk menghubungi ibu yanti untuk mengesahkan sama ada cerita yang dikongsi beliau adalah benar kerana saya sudah menjadi mangsa peminjam palsu, jadi saya memanggilnya dan kami juga bercakap pada whatsapp di mana dia menghantar saya semua bukti pinjamannya dari PINJAMAN TRUST JAMINAN.
    Setelah melihat dan mengesahkan segala yang ibu memberitahu saya, saya memutuskan untuk menghubungi PINJAMAN JAMINAN JAMINAN dan saya telah hadir. Setelah saya menyerahkan semua dokumen yang diminta dari saya. Permohonan pinjaman saya telah diluluskan dan saya menerima pinjaman saya dalam akaun bank. Saya berjanji kepada ibu Yanti bahawa saya akan mengambil masa saya untuk berkongsi kebaikan jika saya menerima pinjaman daripada syarikat. Semoga Allah terus memberkati ibu Yanti dan syarikat untuk apa yang telah mereka lakukan untuk saya.
    anda boleh menghubungi ibu Yanti jika anda mahu dan anda boleh menghubungi saya untuk maklumat lanjut melalui e-mel saya: albertheduardsanady@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum
    Nama saya Kemala Jayachandra
    Dari Jakarta selatan Indonesia
    e-mail: kemalajayachandra438@gmail.com
    Saya berterima kasih kepada ALLAH untuk membuat kesedihan saya berakhir melalui RYAN CEANIC LOAN FIRM untuk beberapa waktu sekarang perdagangan saya telah turun dan saya telah mencari pinjaman besar untuk meningkatkan perdagangan saya kembali, saya telah ditipu berkali-kali semua janji saya pada pinjaman tetapi mereka selalu menipu dan berbohong kepada saya, jadi saya bertemu RYAN CEANIC dan memberi saya pinjaman Rp 1 miliar (Rp 1.000.000.000), saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman dan biaya transfer sebelum pinjaman saya ditransfer ke rekening saya, mereka yang mencari pinjaman harus hati-hati karena 75% dari pinjaman online palsu, bagi mereka yang mencari pinjaman harus menghubungi RYAN CEANIC LOAN FIRM adalah 100% peminjam pinjaman online,
    E-mail: ryanceanicloanfm@protonmail.ch
    Whatsapps: +4915772501298

    ReplyDelete
  5. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    ReplyDelete
  6. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    ReplyDelete
  7. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum
    Nama saya Kemala Jayachandra
    Dari Jakarta selatan Indonesia
    e-mail: kemalajayachandra438@gmail.com
    Saya berterima kasih kepada ALLAH untuk membuat kesedihan saya berakhir melalui RYAN CEANIC LOAN FIRM untuk beberapa waktu sekarang perdagangan saya telah turun dan saya telah mencari pinjaman besar untuk meningkatkan perdagangan saya kembali, saya telah ditipu berkali-kali semua janji saya pada pinjaman tetapi mereka selalu menipu dan berbohong kepada saya, jadi saya bertemu RYAN CEANIC dan memberi saya pinjaman Rp 1 miliar (Rp 1.000.000.000), saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman dan biaya transfer sebelum pinjaman saya ditransfer ke rekening saya, mereka yang mencari pinjaman harus hati-hati karena 75% dari pinjaman online itu palsu, bagi mereka yang mencari pinjaman harus menghubungi RYAN CEANIC LOAN FIRM adalah 100% peminjam pinjaman online,
    E-mail: ryanceanicloanfm@protonmail.ch
    Whatsapps: +4915772501298

    ReplyDelete
  9. Pendudukan: Harta Tanah / perhotelan
    kedudukan: Pengarah Urusan
    Nama: Najwa Mohammed
    Bandar: Miri
    Pinjaman saya mendapat: Rm 1.5 juta
    kadar faedah: 1%
    E-mel saya: najwamohammed369@gmail.com
    Halo, saya mengucapkan terima kasih kepada allah almight untuk kebaikan dan keberkasaan yang saya dapatkan dari AASIMAHA ADILA LOAN FIRM tahun ini 2020, saya ingin kita medium ini membiarkan muslim saya di malaysia, Tahun lepas saya telah memohon pinjaman banyak kali dan saya bodoh , Tahun ini ketika saya sedang menonton berita perniagaan saya di Aljazeera, saya melihat nama AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM pada wawancara menerangkan pakej mereka dan bagaimana mereka memberi pinjaman dan dana amal kepada mereka yang ingin memulakan perniagaan tahun ini. Oleh itu, saya mendengar dan menghubungi mereka dengan kenalan mereka di televisyen, saya memohon Rm 1.5 juta, pada kadar 1% dan pinjaman saya telah diluluskan dan saya mendapat pinjaman secepat mungkin. Saya mendapat pinjaman saya dan melabur lebih jauh ke hartanah suami saya. suami saya dari indonesia, banjir yang terjejas rumah keluarga kami di jakarta, sejak kami mendapat pinjaman, kami telah memperbaiki banyak hal dan membayar hutang bank juga.Jika anda ingin perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, anda bebas memohon sekarang dan dapatkan pinjaman anda .Mengingatkan diri anda untuk menjadi kuat dan tidak pernah berputus asa. Semakin banyak anda jatuh, semakin kuat anda menjadi bangun. Jangan pernah menyerah tidak kira apa. Buat janji kepada impian anda seolah-olah anda berjanji kepada anak anda. Saya berharap anda lebih besar tahun. Mungkin allah memberkati mereka allah

    MOHON SEKARANG
    E-mail****aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    Whatsapp **** + 447723553516

    ReplyDelete