Consultation

Donny A. Wiguna CFP, QWP, AEPP, QFE adalah QUALIFIED FINANCIAL EDUCATOR, dari FPSB sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi yang diakui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Melayani konsultasi dan bantuan penjelasan serta pelatihan Asuransi, Investasi, Dana Pensiun, dan Estate Planning. Berpengalaman mengajar dalam keuangan sejak 2007.

Hubungi Donny A. Wiguna dengan SMS atau Whatsapp di 0818-222-634
Area Bandung dan Jakarta serta sekitarnya.

Pencarian

Friday, June 24, 2016

Berapa Preminya?

Ini tips untuk mengira-ngira ya. Total premi yg harus dibayarkan itu 15%-30% dari Uang Pertanggungan, dengan usia masuk dibawah 50 tahun. Biasanya pula, orang mampu menyisihkan dana 10% dari pendapatan setahun untuk bayar premi.
Maka, jika seseorang punya gaji 10 jt sebulan, atau 120 jt setahun, kemampuan bayarnya 12 jt per tahun. Jika dia bayar selama 10 tahun, total preminya 120 jt. Kalau diasumsikan itu 25%, maka besarnya UP kira-kira adalah 480 juta. Itu kalau memakai asuransi whole life. Makin muda usia, makin kecil % nya, makin besar UP nya.
Karena itu, pakai asuransi whole life sebaiknya bayar sepanjang mungkin. Dengan 12 juta per tahun bayar premi selama 20 tahun bisa dapat UP 1 M.
Dengan asuransi unit link, bayar 12 juta per tahun selama 10 tahun bisa dapat UP lebih dari 500juta, dan mungkin sekali masih ada hasil investasinya. Itu, kalau dananya bukan di pasar uang saja ya.
Teman2 yang agen boleh cek dengan aplikasi ilustrasi, misalnya usia 40 tahun, bayar 12 jt per tahun selama 10 tahun hanya UP saja bisa maksimal berapa uang pertanggungannya?
Silakan dicoba dan dikomentari.

No comments:

Post a Comment