Consultation

Donny A. Wiguna CFP, QWP, AEPP, QFE adalah QUALIFIED FINANCIAL EDUCATOR, dari FPSB sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi yang diakui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Melayani konsultasi dan bantuan penjelasan serta pelatihan Asuransi, Investasi, Dana Pensiun, dan Estate Planning. Berpengalaman mengajar dalam keuangan sejak 2007.

Hubungi Donny A. Wiguna dengan SMS atau Whatsapp di 0818-222-634
Area Bandung dan Jakarta serta sekitarnya.

Pencarian

Wednesday, June 29, 2016

CEO Outlook

CHANGE IS NOW OR NEVER, begitulah report dari KPMG (https://home.kpmg.com/…/home/camp…/2016/06/ceo-outlook.html…)
Menarik untuk mempelajari respon para CEO perusahaan kelas dunia, yang mayoritas melihat bagaimana perusahaan mereka harus bertransformasi dalam 3 tahun ke depan. Perubahan teknologi, perubahan ekonomi, dan perubahan lingkungan. Sangat cepat.
Di satu sisi, perubahan membawa banyak kesempatan baru. Di sisi lain, manusia tidak mudah berubah dengan cepat. Alhasil, kita melihat masalah ekonomi masih sama, produktivitas masih sama, dan secara keseluruhan terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi.
Kalau kita membaca bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia 5%, itu tidak berarti semuanya naik 5%. Sejumlah perusahaan mencapai pertumbuhan jauh lebih tinggi. Sejumlah lainnya, malah mengalami penurunan. Dirata-rata, jadinya 5%. Dalam ekonomi, ketika trend adalah penyusutan, kondisinya sangat tidak seragam. Tidak menyusut bersama-sama.
Selalu ada yang membesar usahanya, namun jauh lebih banyak yang mengecil dan harus berjuang. Biasanya, semakin kecil usahanya, semakin rentan.
Maka kita lihat, UMKM di Indonesia didukung penuh oleh pemerintah, supaya para pengusaha mikro kecil menengah ini bisa tetap berjalan, bisa tetap berusaha, juga mempekerjakan banyak sekali rakyat.
Sayangnya, bantuan lebih banyak jatuh ke 80% pengusaha yang belum aktif. 20% pengusaha yang selama ini aktif -- mengikuti hukum Paretto -- tetap harus berjuang sendiri.
Coba tebak, mana yang lebih banyak jadi Nasabah Asuransi, apakah yang 80% yang menghasilkan 20% ekonomi, atau yang 20% yang menghasilkan 80% ekonomi?
Dengan perubahan, masalah ketidakpastian menjadi norma. Hal yang biasa. Maka, jangka waktu transaksi mau tidak mau harus semakin pendek. Tidak bisa lagi merencanakan, misalnya mau bayar premi terus setiap tahun sepanjang kontrak.... okelah kalau angka preminya kecil. Kalau angkanya besar?
Kondisi ini akan jadi kesulitan bagi asuransi umum, atau asuransi kerugian yang tiap tahun memperbaharui kontrak, serta harus dibayar setiap tahun. Coba saja lihat, mungkin konsep unit link akan segera diterapkan juga di asuransi umum....
Sekarang ini, masa pembayaran premi yang pendek lebih baik dan pasti... menutup sisi kekurangan asuransi, yaitu ketidakpastian pemegang polis mampu terus menerus membayar premi. Kalau bisa bayar tahunan, ya tahunan. Kalau bisa taruh single premium untuk cover semua, ya single premium! Biarlah manajer investasi berkonsentrasi meningkatkan hasil investasi, supaya biaya asuransi bisa tetap dibayar sampai masa depan yang jauh.
Dalam tiga tahun ke depan, mungkin akan lebih banyak perusahaan yang bangkit dan yang tumbang. Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja masa depan. Cara yang dahulu berhasil, belum tentu masih tetap akan berhasil besok.
Pastikan leader Anda bisa melihat peluang, dan tidak ragu untuk terus kreatif, terus buat terobosan.
Utamakanlah kepentingan Nasabah.

1 comment:

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.org

    ReplyDelete