Consultation

Donny A. Wiguna CFP, QWP, AEPP, QFE adalah QUALIFIED FINANCIAL EDUCATOR, dari FPSB sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi yang diakui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Melayani konsultasi dan bantuan penjelasan serta pelatihan Asuransi, Investasi, Dana Pensiun, dan Estate Planning. Berpengalaman mengajar dalam keuangan sejak 2007.

Hubungi Donny A. Wiguna dengan SMS atau Whatsapp di 0818-222-634
Area Bandung dan Jakarta serta sekitarnya.

Pencarian

Friday, June 24, 2016

Biaya Premi

Masih tentang hitungan premi. Berapa sih biaya premi per tahun? Kalau seseorang berusia 40 tahun ikut asuransi whole life dan bayar 12 juta selama 10 tahun, misalnya dengan UP 480 juta. Pembayaran 120 juta itu adalah untuk total premi selama 59 tahun.
Jadi, kalau ditata-rata, tiap tahun bayar preminya sekitar 2 juta. Tiap bulan bayar premi 167ribu. Itu kalau dipukul rata. Namun, dalam premi untuk yang lebih muda, bayarnya lebih murah. Makin tua, makin tinggi.
Okay, misalnya saja dia bayar premi yang sama sebesar 2 juta per tahun selama 59 tahun. Apakah ada biaya akuisisi? Oh ya pasti ada, itu untuk agen. Berapa? Misalnya saja 2% dari 2 juta, tiap tahun. 40 ribu per tahun. Jika nasabah berumur panjang, ada 59 kali 40 ribu, itu sama dengan 2,36 juta.
Nah, kalau dihitung dengan pembayaran premi 12 juta selama 10 tahun, angka 2,36 juta itu kira2 20% dari premi tahunan. Tapi perusahaan lebih cerdas, nggak dibayarkan sekaligus. Bagi dua tahun dong. Per tahun 10% dari premi tahunan, itu jadi komisi agennya.
Bagaimana dengan asuransi unit link? Bayar preminya kan dari mencairkan unit. Ada biaya akuisisi... untuk laki2 usia 40 tahun mendapatkan UP 480 juta, biaya akuisisi sekitar 7 jutaan per tahun. Komisi 30% nya, jadi dapat 2,1 jt. Tahun berikutnya bisa dapat lagi komisi yang besarnya sama.
Asal tahu saja, ini ditulis di jalan, tanpa lihat komputer. Hanya mengira-ngira ya.
Kalau begitu, asuransi unit link memberi komisi lebih besar ya? Memang. Karena bicara unit link juga ada kelebihan hasil investasi. Nasabah bisa menerima lebih besar.... atau mengalami kerugian investasi. Butuh keterampilan agen yang lebih tinggi dalam hal keuangan.
Itulah, soal biaya akuisisi....

No comments:

Post a Comment