Consultation

Donny A. Wiguna CFP, QWP, AEPP, QFE adalah QUALIFIED FINANCIAL EDUCATOR, dari FPSB sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi yang diakui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Melayani konsultasi dan bantuan penjelasan serta pelatihan Asuransi, Investasi, Dana Pensiun, dan Estate Planning. Berpengalaman mengajar dalam keuangan sejak 2007.

Hubungi Donny A. Wiguna dengan SMS atau Whatsapp di 0818-222-634
Area Bandung dan Jakarta serta sekitarnya.

Pencarian

Monday, July 4, 2016

Asuransi dibuat MLM?

ASURANSI TUGU MANDIRI MEMILIKI PRODUK TM POWERLINK, ini sebuah unit link standar. Bisa single premium dengan UP 125% sesuai ketentuan OJK, bisa reguler dengan UP 5x Premi setahun. Bayar premi tahunan min 1,5 juta, kalau bulanan min 300 ribu. Kontrak sampai usia 99... Dana bisa di stable, bisa di equity. Bisa dipilih.
Yang seru, ada yang jual dengan member get member. Dengan hitungan cost of insurance yang rendah, hanya 21 juta, dari dana 350 ribu per bulan bisa diatur komposisi dana untuk dibagi dalam bisnis yang cukup besar di awal. Tinggal buat sistem via internet, dan jadilah sumber bisnis baru...
Hanya, saya pikir ada beberapa masalah. Yang pertama, OJK tidak mengawasi marketing begini. Yang kedua, nampaknya asuransi Tugu Mandiri juga tidak mengurusi langsung, beda dari yang dilakukan CAR dengan i3 networknya, misalnya. Yang ketiga, ada beberapa asumsi seperti hasil investasi equity fund yang estimasinya tinggi. Tidak bisa dikatakan pasti begitu, dalam situasi ekonomi saat ini.
Tambah lagi, sistem binary dan mlm nya yang kental, mungkin akan menutupi hakekatnya sebagai produk asuransi, diganti dengan 'tabungan' yang digambarkan beri imbal hasil tinggi.... Ketika orang fokus pada bisnis MLM nya, mungkin mereka tidak lagi memikirkan kebenaran tentang produk keuangannya. Maunya, pohon besar dan duit masuk besar. Itu uang yang didapat dari banyak orang yang mau berharap....
Sorry guys, saya seorang CFP dan kode etik pertama saya adalah mengutamakan kepentingan nasabah. Memberi informasi yang tidak lengkap dan tidak tepat sama sekali tidak baik bagi Nasabah.

No comments:

Post a Comment