Consultation

Donny A. Wiguna CFP, QWP, AEPP, QFE adalah QUALIFIED FINANCIAL EDUCATOR, dari FPSB sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi yang diakui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Melayani konsultasi dan bantuan penjelasan serta pelatihan Asuransi, Investasi, Dana Pensiun, dan Estate Planning. Berpengalaman mengajar dalam keuangan sejak 2007.

Hubungi Donny A. Wiguna dengan SMS atau Whatsapp di 0818-222-634
Area Bandung dan Jakarta serta sekitarnya.

Pencarian

Monday, July 4, 2016

Life Jacket

EASIER THAN YOU THINK.... pernah lihat dan dengar logo ini?
Ini saya buat di tahun 2006. Kami meluncurkan Savingplus Seminar dengan paket produk Life Jacket, di mulai dari kota Bandung, Agustus 2006. Tahun 2007, paket produk ini dikenal luas.... Life Jacket benar-benar memanfaatkan kekuatan investasi reksa dana, dan UP 100 juta, hanya dengan 3 juta per tahun selama 5 tahun. Atau 5 juta per tahun selama 3 tahun.
Konsepnya, nasabah membawa nasabah ikut seminar, di mana di sana dijelaskan semuanya, panjang lebar. Tidak perlu jadi agen, karena memang juga tidak menjelaskan -- kami yang menjelaskan. Waktu itu saya berkeliling, beri pelatihan banyak orang. Presenter, leader, perlu belajar lebih dulu.
Kalau nasabah boleh bawa nasabah, bisa terus jadi jaringan kan. Maka kami membuat jaringan matriks 3. Saya menjadi manager dan support sistemnya.... Dipikir-pikir, sudah ribuan orang, di lebih dari 20 kota.
Kami memulai ini dengan niat baik. Tapi, kemudian saya menemukan sendiri bahwa ada orang yang serakah. Yang ingin mendapat lebih banyak, lebih cepat. Apalagi, saat itu perusahaan adalah yang pertama di Indonesia menawarkan manfaat asuransi kesehatan yang dibayar sesuai tagihan.
Tidak ada yang salah dengan ingin menjadi lebih sejahtera lebih cepat. Masalahnya, ketika orang mulai menjual apa yang dia tidak pahami, menawarkan produk asuransi tanpa pemahaman penuh, untuk sesuatu seperti asuransi kesehatan.
Kalau asuransi jiwa dasar diklaim dalam waktu lama, asuransi kesehatan bisa diklaim relatif cepat, satu atau dua tahun setelah polis disetujui. Ketika klaim ditolak, itu jadi masalah -- bukan salah perusahaan, melainkan salah agen menjelaskan. Life Jacket dibuat agar sederhana, agar lebih mudah dari yang dipikirkan, namun yang belakangan muncul bukan itu.
Soalnya kalau mau dapat komisi besar, yang dijual adalah yang rumit, kompleks, tidak lagi semudah yang Anda pikir. Juga tidak semudah yang AGEN pikir.
Kalau ada yang berpikir ketentuan di asuransi kesehatan, di asuransi penyakit kritis, itu mudah -- pikir lagi. Sudah mendalami seperti apa dalam hal medis? Saya pernah disangka sebagai dokter karena berbicara menerangkan hal-hal ini.... Nope, I'm no medical doctor.
Lalu, muncul pula masalah penggelapan dana. Premi yang tidak dibayarkan. Presenter yang memicu adrenalin, membuat emosi -- seperti terhipnotis -- tapi orang masuk tanpa paham apa-apa. Tidak paham bahwa uangnya dibawa lari penyelenggara acara juga.... *parah*
Gak pernah terbayangkan sebelumnya. Lalu tahun 2008 ada dua peristiwa: pertama mulai ada sertifikasi AAJI, dan kedua ada kejatuhan pasar modal dunia. Krisis. Berhenti. Agensi lain dari perusahaan ada yang meneruskannya.
Di luar perusahaan, banyak yang meniru. Ha!
Saya sekarang tidak lagi di perusahaan ini, juga tidak lagi menjalankan Life Jacket. Tapi cukup banyak pengalaman, pengetahuan -- menikmati bisa mengclosing 70% peserta yang hadir. Itu pengalaman yang berharga.
Dan cukup tahu betapa berbahayanya bersikap acuh ketika menggabungkan produk asuransi unit link dengan skema MLM.
Please be careful.

No comments:

Post a Comment